Cemes menggila :)

Cemes menggila :)
habis gamtek...photo2 ahh

Jumat, 25 November 2011

Arti Teknik Mesin 2


Teknik Mesin
Kini soal kata Mesin. Kata ini terjemahan dari Mechanics, Machine, Engine. Sudah 3 kata Inggris yang langsung diterjemahkan Mesin. Belum lagi yang diterjemahkan secara tidak langsung tapi konotasinya serupa dengan keterpaduan yag ada pada layaknya mesin, seperti appliance, tool, device, construct, dll. Bedanya, kalau yang diterjemahkan dengan Mesin "harus" memuat makna "gerak dan dinamika".

Karena luasnya cakupan kata Mesin ini, maka di China ada Universitas Teknik Mesin. Teknik mesin menjadi fakultas saja masih sederhana, kedalam sebuah jurusan sempit, apalagi dibuat kedalam sebuah prodi, wah nambah picik kalau disebut dibilang teknik mesin. Mungkin ini diantara sebab Indonesia bingung membangun, soalnya sejak prodi saja sudah bingung menentukan langkah. Adakah prodi yang bernama Teknik Mur-Baut? Adakah Sarjana Teknik Mur-Baut? Yang ada hanyalah sarjana banyak tahu, tapi sedikit bisa.

Sayangnya kalau ada sarjana teknik mur-baut, di-kurang berkenan-kan. Kalau ada sarjana banyak tahu, dibanggakan.

Mungkinkah hal ini terbentuk dari sikap hidup yang individualistik? Karena kalau sikap hidup gotong-royong, sarjana teknik mur-baut sangat berharga bagi yang lain. Berbeda bagi sikap hidup individualistis, kalau menjadi sarjana teknik mur-baut saja akan membayangkan kesempitan hidup, karena banyak hal yang tidak dapat dilakukan. Orin dihadapkan kepada pilihan untuk menjadi orang yang dapat melakukan banyak hal. Bukan untuk dapat melakukan hanya satu hal tetapi bermutu pengrajin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar