Cemes menggila :)

Cemes menggila :)
habis gamtek...photo2 ahh

Jumat, 25 November 2011

Jawaban untuk kedilemaan cewek masuk Teknik Mesin

nTerkadang saya menyesal kenapa harus kuliah di teknik mesin? masuknya susah dan lebih parah keluarnya jauh lebih susah.Tapi masalah sebenaranya bukan karena mata kuliah nya yang susah atau praktikumnya yang berat,tetapi lebih ke suasana kampus yang kurang mendukung..betapa tidak kemana kaki melangkah,kemana mata tertuju hanya terdapat sekumpulan mahluk berambut pendek,berotot kawat,bertulang besi,yang namanya lelaki..
Memang ada cewek tetapi jumlah nya tidak lebih dari 5 orang dari total 150 jumlah mahasiswa tiap tahunnya,tidak cukup untuk memenuhi semua dahaga kaum lelaki di teknik mesin..haghaghag !!!! (mohon maaf:terkadang mahasiswa mesin terlalu vulgar bila ngomongin cewek) .
Buat para siswi SMA yang sekarang lagi bingung mikirin jurusan apa yang mau di ambil kalo kuliah nanti,ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya jangan sampe nyesel di kemudian hari,jangan terlalu patuh ama yang namanya orang tua,belum tentu apa yang orang tua mau adalah yang terbaik buat kamu,( mohon maaf : mahasiswa mesin juga kadang provokatif..hehehehe),belum tentu si papi ma si mami ngerti Teknik Sipil itu nanti kerjanya apa? Planologi itu kerjanya ngapain aja? Arsitek itu nanti kerjanya dimana? Si mami cuma bisa bilang ke anak cewek nya yang pengen masuk teknik mesin,” Buat apa anak cewek berkutat dengan mesin,mending kamu jadi bidan???”haghaghag…Sedangkan si papi diem aja,karna takut ma si mami!!!
Balik lagi ngomongin teknik mesin…sekalian biar si mami tau taknik mesin kayak apa!!!
Pada umumnya pandangan tentang teknik mesin slama ini adalah keliru,teknik mesin itu kotor!!,,(maksudnya jurusan ini hanya berkutat dengan oli,pelumas,dll yang kotor),teknik mesin itu berat kuliahnya!!,,(melibatkan angkat-angkat pipa,nge-las besi baja,maenin mur baut,roda gigi dll),beberapa hal mungkin benar,tetapi tidak selalu seperti itu..Pertanyaan nya, Benarkah cewek tidak cocok berkuliah di Teknik Mesin?
Tentu saja TIDAK!!!
Bahkan cewek yang kuliah di teknik mesin mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan laki-laki!!!
Okelah kalo begitu!! Sebelum kita bahas tentang keberadaan si mami,eh maksudnya kaum hawa di teknik mesin, akan lebih baik kalau ceritanya dimulai dari apa yang semua mahasiswa dan mahasiswi akan hadapi ketika mereka berkuliah di Teknik Mesin.
Beberapa mata kuliah di jurusan teknik mesin diantaranya,,Kinematika & Dinamika,,(nb: 2 kali dapat D),Mekanika Fluida (nb: 2 kali dapat E),Perpindahan Panas,Thermodinamika(nb: sekali dapet D),,gakgakgak!!!!! Pada dasarnya, apa yang dipelajari di Teknik Mesin adalah hal yang sama dengan apa yang dipelajari di Fisika pada saat SMA,hanya saja teknik mesin menekankan pada ilmu mekanika serta penerapannya dalam kehidupan.
Dengan kata lain, Teknik Mesin lebih tertarik pada “Bagaimana??” daripada “Mengapa??”. Teknik Mesin menerapkan hasil-hasil yang didapatkan oleh para jenius “GILA” di bidang Fisika untuk diterapkan dan diterjemahkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, cewek yang tertarik masuk teknik mesin harus tertarik pula ma yang namanya fisika!!! Teknik mesin lebih menonjolkan (like this) pemahaman dan juga kemampuan untuk mem-visualisasi-kan berbagai fenomena dalam kehidupan sehari-hari terutama berhubungan dengan mekanika.
Penasaran dengan mahluk bernama “meka-nika” ??? makannya buat cewek masuk teknik mesin aja!!! Buat cowok mending masuk sastra aja!!!
Teknik Mesin menggunakan ‘bahasa gambar’ dalam komunikasi. Bukan gambar seni, tapi gambar teknik yang menggunakan banyak simbol, dimensi, arah panah dan lain-lain. Kemampuan untuk menggambar (seni) tidaklah penting. Itu akan menjadi sebuah keunggulan. Kemampuan untuk membaca gambar masih lebih penting.
Lulusan Teknik Mesin bisa kerja di bengkel, pabrik, berlumuran oli dan keringat. Tapi lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja di belakang meja, di balik komputer ataupun meja gambar. Fakta mengatakan bahwa lebih dari 50% lulusan Teknik Mesin justru bekerja di belakang komputer. Apalagi zaman edan kaya gini teknologi makin berkembang,software-software buat anak mesin gambar n’ ngerancang buanyak banget, jadi buat cewek kenapa ga masuk teknik  mesin??
Naaah.. jelas kan kalo dari yang uda kita obrolin ga ada satu pun yang nyebut kalo jurusan teknik mesin cuma buat cowok? Negara kita (dipenuhi politikus busuk) pemahaman tentang teknik mesin masih kurang,berbeda dengan negara lain yang mahasiswa ceweknya mencapai 30% dari jumlah semua mahsiswa teknik mesin. Makanya bilangin ma Si mami kalo cewek pun sah-sah aja kuliah di teknik mesin!! Moga si mami ngerti apa yang kita obrolin ini!!
Mungkin banyak pertanyaan yang bakal Si mami ajukan ma kamu…
Si mami : “teknik mesin itu kan mempelajari tentang mesin motor atau mesin mobil,cewek kan ga pantes!!”
Faktanya uda di jelasin di atas kalo teknik mesin itu lebih pada pemahaman dan penerapan ilmu fisika-mekanika dalam kehidupan sehari-hari!
Si mami : “teknik mesin itu kan dunia nya laki-laki!,kamu cewek hanya akan jadi budak dan tertindas! dilecehkan dan terhina!!”
Faktanya para wanita di kampus kami bagaikan ratu,ibarat harta yang paling berharga yang mahasiswa mesin punya, senantias dijaga dengan jiwa dan raga! Justru terkadang (atau lebih tepatnya: sering) mahasiswa Teknik Mesin yang “bodoh”,seakan-akan menjadi kerbau tercocok hidungnya, menuruti semua permintaan dari sang ratu. Mulai dari antar ke sini-sana, jemput ini-itu, ajari ini-itu dan beli ini-itu. Tentunya dengan imbalan yang sesuai!!!!(hehehehehehe) Apa itu??? Diperbolehkan untuk meminjam catatan kuliah maksudnya…! Fakta menyatakan bahwa laki-laki malas mencatat,beda ma cewek yang rajin mencatat!
Si mami : “teknik mesin itu mahasiswanya ga suka mandi,pakaiannya kucel n de kummel,kamu cewek bakal menderita!!”
Kata-kata Si mami emang bener!hehehe…Dahulu kala ketika Teknik Mesin belum tersentuh wanita, para mahasiswa seakan-akan tidak peduli dengan dirinya. Tidak perlu tampak rapi dan ganteng. “Siapa yang mau peduli?”, pikir kami. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, satu wanita bisa mengubah jalan hidup banyak laki-laki!. Mahasiswa Teknik Mesin berevolusi menjadi manusia yang lebih bermartabat sekarang.Terima kasih buat para RATU MESIN!!!haghaghag…
Si mami : “teknik mesin itu 50 % mahasiswanya homo dan 50 % sisanya adalah pasangannya!!kamu ga takut kuliah disana??”
Teknik mesin itu mahsiswa-mahasiswi nya pinter-pinter,berprestasi,jadi wajar kalo banyak yang ga suka dan menyebarkan isu-isu seperti itu!!!mereka cuma iri…haghaghag!!! seperti kata pepatah,,,”semakin tinggi pohon mangga semakin susah ngambil buahnya??”,,,haghaghaghag…
Dan masih banyak lagi hal-hal menarik tentang teknik mesin….
Semoga kelak di kemudian hari teknik mesin akan jadi tempat yang menyenangkan buat kuliah…Ibarat kata melihat kedepan ada perempuan berlenggok dengan seutas“TankTop”, noleh ke kiri pemandangan “PinggulTerbuka”, menghindar kekanan ada sajian “CelanaKetat plus YouCanSee”, balik ke belakang dihadang oleh “DadaMenantang!” hagahgahagahag!!!
Semoga mata kuliah yang belum lulus bisa dapat nilai bagus semester ini!!
Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin………!!!

13 komentar:

  1. kak aku mau masuk teknik mesin :D

    BalasHapus
  2. hallo kak,aku jga mahasiswi TM'12 :)

    BalasHapus
  3. kak aku masuk D3 Teknik Mesin :3

    BalasHapus
  4. we are mechanical engineering..

    BalasHapus
  5. Hai hai..saya jg alumni teknik mesin 13

    BalasHapus
  6. Hai hai..saya jg alumni teknik mesin 13

    BalasHapus
  7. haloo.. aku juga mahasiswa S1 teknik mesin

    BalasHapus
  8. Sekarang kamu semua kerja dmna ?

    BalasHapus
  9. Sekarang kamu semua kerja dmna ?

    BalasHapus
  10. halo.. aku mahasiswi D3 Teknik Mesin yg baru aja lulus kuliah. aku bingung banget harus kerja kemana karena kebanyakan lowongan kerja D3 teknik mesin untuk laki-laki. semua temen2 aku yg laki2 cepet banget dapet kerjanya. sedangkan yg cewek susahnya minta ampun (T^T) hhuhu.. mohon sharingnya ya kaka-kaka, kali aja bisa jadi solusi buatku :D

    BalasHapus
  11. Hai maaf adik-adik cantik yang kuat yang melebihi cowok-cowok
    Maaf ya kakak baru bisa balas komentar kalian
    Selamat ya untuk kalian yang udah masuk teknik mesin dimanapaun
    Selalu berjuang dan semangat ya 😘😘
    Oh ya untuk Ares yang lagi bingung nyari kerjaan kakak punya info di UI bakalan ada jobfair kamu bisa datang untuk infonya kamu bisa cari di cdc ui
    Aku dulu juga susah nyari kerjaan pulang malem sendiri terus gak ketrima 😱😱
    Tapi aku tetep usaha, pantang menyerah kan kita cewek mesin harus kuat dong

    Pesan aku buat yang bingung nyari kerja
    Jangan malas2 buat Dateng ke jobfair dimanapaun itu ya
    Selalu rajin buka web perusahaan2 yang kamu inginkan
    Jangan takut buat ngrim cv kamu ke hrd perusahaan tsb meskipun belum dibuka lowongan kadang kan perusahaan sifatnya closprek
    Sering2 buka jobstreet dan sejenisnya
    Oke jangan pernah menyerah ya 😘😘
    Have a nice weekend girls 😚😚

    BalasHapus