Cemes menggila :)

Cemes menggila :)
habis gamtek...photo2 ahh

Minggu, 27 November 2011

Pencerdasan PKM, PKM GT dan AI, UI Menuju PIMNAS 2011 (Bagian II)


Apa sih PKM itu?

PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.

Yah, kira – kira itu lah definisi PKM versi beratnya yang sulit dicerna. Pada intinya sih PKM itu merupakan suatu lomba karya tulis yang diselenggarakan oleh DIKTI. Nah, hasil karya tulis mahasiswa dalam bentuk PKM ini kemudian diseleksi oleh DIKTI untuk kemudian diambil beberapa terbaik dari seluruh Indonesia dan dilombakan di suatu ajang bernama PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). PKM yang dilombakan oleh DIKTI sendiri dibagi dalam 6 kategori, yaitu :
  • PKM – Penelitian (PKM-P)
  • PKM – Teknologi (PKM-T)
  • PKM – Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM – Pengabdian Masyarakat (PKM-M)
  • PKM – Artikel Ilmiah (PKM-AI)
  • PKM – Gagasan Tertulis (PKM-GT)
Dalam ajang PIMNAS 2011 tahun ini, pendaftaran untuk penerimaan karya tulis PKM-AI dan PKM-GT telah dibuka.

Apa sih PKM-GT itu?

PKM-GT merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik. Atau dengan kata lain, PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide – ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan – persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut seyogyanya unik, kreatif, dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung pandai mengungkapkan fakta – fakta sosial, namun melalui PKM-GT, level nalar mahasiswa tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi.

Nah itu tadi definisi versi beratnya. Gampangnya sih, PKM-GT itu merupakan suatu karya tulis yang dibuat oleh mahasiswa mengenai suatu permasalahan (nggak harus masalah sih, bisa juga ide kreatif kita atau kalian tentang suatu topik) yang ada di masyarakat atau di sekitar dan solusi yang dapat kita tawarkan. Atau dengan kata lain, kita itu menuangkan suatu gagasan kita mengenai suatu topik atau permasalahan dalam bentuk tulisan. Dan tema tulisan itu tidak harus sesuai dengan bidang yang kita pelajari saat ini kok. Bisa saja kita sebagai mahasiswa mesin ini justru mengangkat isu – isu sosial dalam PKM-GT kita, sah – sah saja, karena PKM-GT itu sendiri merupakan suatu lomba yang multi disiplin ilmu. Sesuai namanya yang ada embel – embel “Gagasan Tertulis”, maka PKM-GT ini tidak menuntut kita untuk telah melakukan suatu eksperimen atau riset terlebih dahulu, melainkan hanya memerlukan gagasan atau ide kreatif kita saja terhadap suatu topik atau masalah. Nih sifat dan isi tulisan PKM-GT menurut buku panduan PKM :

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Kreatif dan Objektif
  1. Tulisan berisi gagasan kreatif yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di  masyarakat.
  2. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak bersifat subjektif
  3. Tulisan didukung data dan/atau informasi terpercaya
  4. Bersifat asli (bukan jiplakan) dan menjauhi duplikasi
2.   Logis dan Sistematis
  1. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut
  2. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur – unsur identifikasi masalah, analisis – sintesis, kesimpulan dan   sedapat mungkin memuat saran – saran.
3.       Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka
4.       Materi Karya Tulis 
         Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni oleh mahasiswa. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan, walaupun yang bersangkutan tidak sedang belajar formal dalam bidang tersebut. Materi karya tulis merupakan isu mutakhir atau aktual.

Perbedaan dengan PKM-AI apaan?

Nah, kalau PKM-AI itu merupakan karya PKM yang berbentuk Artikel Ilmiah, dalam artian karya tulis yang dibuat itu mengacu kepada kepada kegiatan yang telah selesai dilakukan oleh mahasiswa tersebut, bisa berupa penelitian, skripsi, kuliah kerja, dll. Contoh gampangnya begini, misalnya mahasiswa A telah selesai melakukan riset atau penelitian tentang pengaruh intensitas permainan gaplek terhadap kemampuan berhitung, maka hasil penelitian itu dibuat dan dipublish dan bisa dilombakan dalam lomba PKM-AI. Bedanya dengan PKM-GT kalau PKM-GT itu hanya perlu murni ide atau gagasan, kalau PKM-AI kita perlu suatu kegiatan dulu, bisa berupa penelitian atau riset baru bisa kita buat PKM-AI nya. Output dari PKM-AI ini juga berbeda dengan PKM-GT dan PKM lainnya, kalau PKM-GT dan PKM lainnya outputnya untuk dilombakan dalam PIMNAS, kalau PKM-AI outputnya agar hasil karya tulis tadi dapat di publish sebagai suatu jurnal ilmiah. Kira – kira begini ilustrasinya agar lebih mudah dimengerti :

Buat apa sih ikut PKM gini?

Wah, kalau kalian tanya saya sih, jawabannya gampang aja : Gold and Glory (and girl, maybe). Karena PIMNAS itu setiap tahun diselenggarakan di kota – kota yang berbeda, tahun ini diselenggarakan di Makassar, dan segalanya mulai dari akomodasi sampai makan ditanggung! Kapan lagi makan gratis bro! Dan juga untuk PKM-GT yang terpilih untuk ke PIMNAS (Cuma sekadar terpilih lho, nggak harus medali emas) berhak mendapatkan insentif sebesar 3 juta rupiah! Duit bro!

Yahh, tapi itu kalau saya sih teman – teman. Tentu saja biasanya segala sesuatu yang hanya didasari oleh uang dan kejayaan semata nggak bakal sukses kan. Tentu ada hal lain yang lebih penting, yaitu sebagai wujud pengabdian masyarakat. Siapa tau dengan ide – ide kreatif yang kita tulis ini, dapat diaplikasikan secara luas dalam kehidupan, dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan bagi negara kita Indonesia.   Selain itu, kita juga bisa mengangkat nama departemen tercinta kita ini, Departemen Teknik Mesin yang katanya jago di lapangan dan jaya di ruangan. Keren kan, kalau misalnya wakil dari mesin bisa berbicara banyak di ajang PIMNAS ini. Masa kita mau kalah sama anak – anak departemen lain, apalagi sama mahasiswa dari universitas lain. Jadi Departemen Teknik Mesin kita ini semakin disegani, bukan hanya karena pembinaannya yang paling bagus dan juga bukan hanya karena gaplek kita nomor satu, tapi juga karena kita ini keren bisa menghasilkan karya – karya yang bermanfaat seperti PKM ini! Makin klop dong, kita sebagai mahasiswa mesin ini bakal terkenal karena solid, berani, tampan, cerdas, gaul, dan juga INOVATIF dan KREATIF!

Makanya teman – teman sekalian, jangan ragu untuk ikut PKM ini! Eksplor diri kalian, eksplor lingkungan sekitar, maksimalkan kreatifitas kalian, dan buat mesin bangga memiliki keluarga yang cerdas dan kreatif seperti kalian!

Catatan:
Untuk pedoman penulisan lengkap dapat dilihat pada pedoman PKM, silahkan download / unduh di Posting Sebelumnya. Untuk mahasiswa yang berminat dan serius ingin mengikuti PKM, dapat mendaftarkan nama kelompok, tema, dan dosen pembimbing kepada  PIPTEK IMM FTUI (Muh. Andira M'09) dan Ali Sungkar M'09). Untuk mengetahui dosen mana yang tepat untuk PKM yang diusulkan, silakan mengunjungi website http://mech.eng.ui.ac.id/ atau meminta bantuan kepada Staff Bid. Nonakademik DTM FTUI, Bapak Ardiyansyah, S.T., M.Eng. di DTM diatas pukul 16.00..

Terima Kasih

PIPTEK IMM FTUI 2011 "Solutif"
 
 
Sumber :
http://academicimmftui.blogspot.com/2011/01/pencerdasan-pkm-pkm-gt-dan-ai-ui-menuju.html
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar